PRIA BERWAJAH LEBAR CENDRUNG AGRESIF

SIFAT agresif seseorang mungkin dapat diukur dari lebar wajahnya. Berdasarkan penelitian terbaru, sejumlah peneliti di Kanada menyimpulkan bahwa pria yang berwajah lebar ternyata lebih agresif.

Penelitian dilakukan terhadap sejumlah foto pemain hoki tingkat universitas dan profesional. Masing-masing diukur lebar dan panjang wajahnya. Kemudian, mereka membandingkan jumlah penalti yang dilakukan oleh pemain yang berwajah lebar dan yang tidak.

Hasilnya, pemain berwajah lebar cenderung lebih banyak melakukan penalti. Dari sini, mereka menyimpulkan bahwa semakin lebar wajah seseorang, ia juga semakin agresif.

"Anda dapat menunjukkan sifat agresivitas pada permainan hoki. Inilah kelebihan permainan ini. Anda tidak akan dipenjara karena menghajar pemain lain dengan menggunakan sikut," kata Justin Carre, seorang peneliti syaraf di Universitas Brock di St. Catharines, Canada. Sebelumnya, Carre juga pernah bermain hoki di NCAA, dan merupakan seorang asisten pelatih untuk tim hoki di kampusnya.

Menanggapi hasil penelitian ini, Cheryl McCormick, seorang peneliti syaraf di Universitas Brock mengaku terkejut. Ia mengatakan tak pernah berpikir bahwa pengukuran wajah yang sederhana ini dapat memperkirakan tingkat agresivitas pria pada kehidupan nyata.

Penemuan ini mungkin dapat digunakan untuk mempeljari lebih lanjut perubahan bentuk wajah terakit proses evolusi untuk mengisyaratkan tingkat agresivitas kepada orang lain. Secara umum, pria memang memiliki wajah yang lebih lebar dibandingkan wanita. Perbedaan ini muncul ketika masa pubertas ketika hormon testosteron pria meningkat.

0 komentar: